Tim SAR temukan 45 korban KM Isabella, 6 orang masih hilang

Posted by Berita Karo News Minggu, 10 Agustus 2014 0 komentar
Tim SAR temukan 45 korban KM Isabella, 6 orang masih hilang - Seorang penumpang tewas - KM Isabella terbalik di perairan Pulau Batu-Tanjung Pandang, Kecamatan Pasimasunggu Timur, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan(Foto: Istimewa) KM Isabella terbalik di perairan Pulau Batu-Tanjung Pandang, Kecamatan Pasimasunggu Timur, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan




Pencarian korban tenggelamnya kapal KM Isabella di perairan Pulau Batu-Tanjung Pandang, Kecamatan Pasimasunggu Timur, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan terus dilakukan sejak Rabu, (30/07/2014) lalu.
Hingga saat ini tim sar gabungan yang terdiri dari BPBD Pos SAR Selayar, aparat kepolisian, TNI-AD masyarakat dan aparat pemerintahan dari tiga wilayah kecamatan terdekat berhasil menemukan dan mengevakuasi 45 korban, satu diantaranya tewas.

“Sisanya, enam orang korban belum ditemukan dan masih dalam tahap penyisiran oleh tim regu penyelamat,” kata Camat Pasimasunggu, H. Arifuddin ketika dihubungi lensaindonesia.com, Kamis (07/08/2014).
Menurutnya, upaya pencarian terhadap para korban hilang masih akan terus dilaksanakan oleh tim SAR gabungan dengan mengerahkan puluhan unit armada kapal jollor milik warga masyarakat sekitar. Meski kemungkinan, untuk dapat menemukan korban sudah sangat tipis.
Tim regu penyelamat telah berhasil menemukan dan mengangkat kembali bangkai KM. Isabella yang karam setelah dihantam badai gelombang pasang di perantaraan Pulau Batu dan Tanjung Pandang, Kecamatan Pasimasunggu Timur 30 Juli lalu.

Kapal ditemukan dalam kondisi bocor dan rusak dengan tiang layar kapal yang telah patah dan hanyut terbawa arus gelombang laut. Kendati demikian, Arifuddin enggan berspekulasi mengenai ketinggian gelombang laut pada saat terjadinya musibah kapal naas tersebut.
Secara terpisah, Camat Pasimarannu, Andi Abdurrahman, SE. M.Si menjelaskan, KM. Isabella merupakan kapal kiriman asal Pulau Kayuadi, Kecamatan Takabonerate. Kapal tersebut datang untuk menjemput rombongan warga dan keluarga masyarakat Pulau Kayuadi yang tinggal berdomisili di Pulau Komba-Komba dan sedianya akan menghadiri hajatan pesta perkawinan keluarga mereka di Pulau Kayuadi.
Namun naas, karena kapal bermuatan 51 penumpang itu tenggelam di perantaraan Pulau Batu-Tanjung Pandang yang secara administratif terletak di wilayah pemerintahan Kecamatan Pasimasunggu Timur.

“KM. Isabella karam pada jarak 12 mil dari Pulau Komba-Komba dengan menempuh perjalanan selama kurang lebih dua jam,” ungkap  Andi Abdurrahman saat ditemui di rumahnya di ruas Jl. Hamang DM, Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar, pada hari Selasa, (05/08) tengah malam kemarin.
Potensi dan kemungkinan mayat para korban akan terseret arus gelombang laut diakui Kasie Ops Badan SAR Nasional Makassar, Deden yang dikonfirmasi wartawan via telefon selular pada hari Rabu, (06/8) sore kemarin.

Dia membenarkan adanya kemungkinan mayat para korban akan terseret arus gelombang laut keluar dari perairan Selayar dan terdampar di perairan Kota Makassar dan beberapa pulau di sekitarnya, seperti Pulau Samalona, Kodingareng serta beberapa wilayah pulau lainnya.
Deden tidak menutup kemungkinan, mayat korban akan terseret arus gelombang sampai ke perairan Masalembo. Terkait dengan kemungkinan ini, pihaknya menyatakan kesiapan untuk memback up upaya pencarian mayat para korban di sekitar perairan Makassar.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tim SAR temukan 45 korban KM Isabella, 6 orang masih hilang
Ditulis oleh Berita Karo News
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://andro-magazine.blogspot.com/2014/08/tim-sar-temukan-45-korban-km-isabella-6.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of Android - Magazine.